10 Fikih dan Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib Maghrib

0
430

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

SHOLAT SUNNAH QOBLIYAH MAGHRIB

1. Sholat sunnah qobliyah Maghrib dua raka’at termasuk sunnah ghairu muakkadah (yang dianjurkan).

Rasulullah ﷺ bersabda,

صَلُّوا قَبْلَ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ – قَالَ فِي الثَّالِثَةِ – لِمَنْ شَاء

“Sholatlah sebelum Maghrib (tiga kali beliau katakan) –pada yang ketiga beliau bersabda– bagi siapa yang mau.” [HR. Al-Bukhari dari Abdullah bin Mughoffal Al-Muzani radhiyallahu’anhu]

Dalam riwayat Abu Dawud,

صَلُّوا قَبْلَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ

“Sholatlah sebelum Maghrib dua raka’at.” [Shahih Abi Daud: 1161]

Al-Hafizh Ibnu Hajar Asy-Syafi’i rahimahullah menyebutkan,

هَذَا الْحَدِيثُ مِنْ أَقْوَى الْأَدِلَّةِ عَلَى اسْتِحْبَابِهَا

“Hadits ini adalah dalil terkuat anjuran sholat sunnah qobliyah Maghrib.” [Fathul Baari, 3/60]

2. Dilakukan setelah masuk waktu Maghrib, dan lebih afdhal setelah adzan agar dapat menjawab adzan.

Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berkata,

يستحبُّ أن يُصلِّي قبل المغرب ركعتين بعد غروب الشَّمس

“Dianjurkan sholat sunnah sebelum Maghrib setelah terbenam matahari.” [Fatawa Nur ‘alad Darb, 10/276]

Dalam fatwa Lajnah Daimah,

تستحب الصلاة بعد أذان المغرب

“Disunnahkan sholat setelah adzan Maghrib.” [Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah, 6/129 no. 17.900]

3. Tidak dianjurkan secara terus menerus, tetapi kadang ditinggalkan, karena tidak ada hadits Nabi shallallahu’alaihi wa sallam mengerjakan qobliyah Maghrib terus-menerus.

Dan terdapat di akhir hadits Abdullah bin Mughoffal Al-Muzani radhiyallahu’anhu,

كَراهيةَ أنْ يَتَّخِذَها النَّاسُ سُنَّةً

“…tidak disukai manusia melakukan sholat sunnah sebelum Maghrib secara terus-menerus.” [HR. Al-Bukhari]

4. Disunnahkan secara ringan, tidak dipanjangkan, karena waktu Maghrib sangat singkat.

Al-Hafizh Ibnu Hajar Asy-Syafi’i rahimahullah berkata,

وَمَجْمُوعُ الْأَدِلَّةِ يُرْشِدُ إِلَى اسْتِحْبَابِ تَخْفِيفِهِمَا كَمَا فِي رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ

“Keseluruhan dalil tentang sunnah qobliyah Maghrib menunjukkan anjuran dikerjakan secara ringan (tidak dipanjangkan), sama dengan dua raka’at fajar (juga dikerjakan secara ringan).” [Fathul Baari, 2/109]

5. Hikmah qobliyah Maghrib untuk mendapatkan keutamaan waktu berdoa yang terbaik antara adzan dan iqomah.

Al-Hafizh Ibnu Hajar Asy-Syafi’i rahimahullah berkata,

قِيلَ وَالْحِكْمَةُ فِي النَّدْبِ إِلَيْهِمَا رَجَاءُ إِجَابَةِ الدُّعَاءِ لِأَنَّ الدُّعَاءَ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ لَا يُرَدُّ وَكُلَّمَا كَانَ الْوَقْتُ أَشْرَفَ كَانَ ثَوَابُ الْعِبَادَةِ فِيهِ أَكْثَرَ

“Dikatakan bahwa hikmah qobliyah Maghrib adalah mendapatkan waktu pengabulan doa, karena doa antara adzan dan iqomah tidak ditolak (mustajab), dan setiap kali waktu itu mulia maka pahala ibadah padanya lebih banyak.” [Fathul Baari, 2/109]

SHOLAT SUNNAH BA’DIYAH MAGHRIB

6. Sholat sunnah ba’diyah Maghrib dua raka’at termasuk sunnah muakkadah (yang ditekankan) dan dianjurkan untuk selalu dijaga.

Rasulullah ﷺ bersabda tentang 12 raka’at rawatib muakkadah,

مَنْ ثَابَرَ عَلَى ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنَ السُّنَّةِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الجَنَّةِ: أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ المَغْرِبِ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ العِشَاءِ، وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الفَجْرِ

“Barangsiapa menjaga dua belas raka’at sholat sunnah rawatib maka Allah akan membangunkan untuknya rumah di surga: Empat raka’at sebelum zhuhur, dua raka’at setelah zhuhur, dua raka’at setelah maghrib, dua raka’at setelah isya, dan dua raka’at sebelum shubuh.” [HR. At-Tirmidzi dari Aisyah dan Ummu Habibah radhiyallahu’anhuma, Shahihul Jaami’: 6183]⁣⁣⁣

7. Dianjurkan setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun di raka’at pertama dan surat Al-Ikhlas di raka’at kedua.

Sahabat yang Mulia Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma meriwayatkan,

رَمَقْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعًا وَعِشْرِينَ مَرَّةً أَوْ خَمْسًا وَعِشْرِينَ مَرَّةً يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ وَبَعْدَ الْمَغْرِبِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

“Aku menghitung Nabi shallallahu’alaihi wa sallam sebanyak 24 atau 25 kali membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas dalam sholat qobliyah Fajar dan ba’diyah Maghrib.” [HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, Al-Ashlu, Al-Albani rahimahullah, 2/488]

8. Dua surat ini dianjurkan karena di dalamnya terkandung ajaran Islam yang paling tinggi, yaitu tauhid (memurnikan ibadah hanya kepada Allah) dan berlepas diri dari kekafiran dan orang-orang kafir.

Al-Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata,

فسورة: قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ فيها بيانُ ما يجب لله تعالى من صِفات الكمال، وبيان ما يجب تنزيهه عنه من النقائص والأمثال، وسورة: قُلْ يَا أَيُّهَا الكَافِرُونَ فيها إيجابُ عبادته وحده لا شريكَ له، والتبرِّي من عبادة كلِّ ما سواه، ولا يتمُّ أحد التوحيدين إلَّا بالآخر؛ ولهذا كان النبي صلَّى اللهُ عليه وسلَّم يقرأ بهاتين السورتين في سُنة الفجر والمغرب والوتر اللَّتين هما فاتحةُ العمل وخاتمتُه؛ ليكون مبدأ النهار توحيدًا، وخاتمته توحيدًا

“Dalam surat Al-Ikhlas ada penjelasan tentang kewajiban meyakini sifat-sifat kesempurnaan hanya milik Allah ta’ala, dan mensucikan Allah dari sifat-sifat kekurangan dan mensucikan-Nya dari penyerupaan dengan selain-Nya.

Dan dalam surat Al-Kafirun ada penjelasan tentang kewajiban beribadah kepada Allah yang satu saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan berlepas diri dari peribadahan kepada siapa pun selain-Nya.

Dan tidak akan sempurna salah satu dari dua bentuk tauhid ini kecuali dengan mengamalkan yang lainnya, oleh karena itu Nabi shallallahu’alaihi wa sallam membaca dua surat ini dalam sholat sunnah qobliyah Fajar, qobliyah Maghrib dan witir, yang keduanya adalah pembuka dan penutup amalan, agar awal hari dimulai dengan tauhid dan akhir hari ditutup dengan tauhid.” [Ijtima’ Al-Juyusy Al-Islamiyah, 2/94]

9. Lebih afdhal mengerjakannya di rumah.

Sahabat yang Mulia Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma meriwayatkan,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي قَبْلَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ، وَبَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ، وَبَعْدَ المَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ، وَبَعْدَ العِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ، وَكَانَ لاَ يُصَلِّي بَعْدَ الجُمُعَةِ حَتَّى يَنْصَرِفَ، فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ

“Bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam sholat dua raka’at sebelum Zhuhur, dua raka’at setelah Zhuhur, dua raka’at setelah Maghrib di rumah beliau, dua raka’at setelah Isya, dan terkadang beliau tidak sholat setelah Jum’at sampai beliau kembali pulang, lalu beliau sholat dua raka’at.” [HR. Al-Bukhari]

10. Sholat sunnah ba’diyah Maghrib hanyalah dua raka’at, namun dianjurkan terkadang sholat sunnah antara Maghrib dan Isya sesuai kemampuan.

Sahabat yang Mulia Hudzaifah radhiyallahu’anhu meriwayatkan,

جِئْتُ النبي صلى الله عليه وسلم فَصَلَّيْتُ مَعَهُ الْمَغْرِبَ، فَلَمَّا قَضَى الصَّلَاةَ قَامَ يُصَلِّي، فَلَمْ يَزَلْ يُصَلِّي حَتَّى صَلَّى الْعِشَاءَ

“Aku mendatangi Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, lalu aku sholat Maghrib bersama beliau, tatkala selesai sholat Maghrib, maka beliau melakukan sholat, beliau terus sholat sampai Isya.” [HR. Ahmad, Irwaaul Ghalil: 470]

Al-Imam Asy-Syaukani rahimahullah berkata,

والآيات والأحاديث المذكورة في الباب تدل على مشروعية الاستكثار من الصلاة ما بين المغرب والعشاء

“Ayat-ayat dan hadits-hadits yang terdapat dalam bab ini menunjukkan disyari’atkan memperbanyak sholat sunnah antara sholat Maghrib dan Isya.” [Nailul Authar, 3/68]

Namun semua dalil tentang penetapan jumlah khusus seperti 6 raka’at, 20 raka’at dan lain-lain adalah dha’if. Demikian pula hadits-hadits tentang penamaannya sebagai sholat awwabin adalah dha’if.

Yuk Pelajari Buku-buku Fikih Sunnah:
https://toko.sofyanruray.info/category/buku/hukum-dan-fikih/

Fast Order: wa.me/628118247111

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

═══ ❁✿❁ ═══

Gabung Group WA KAJIAN ISLAM
Ketik: Daftar
Kirim ke Salah Satu Admin:
wa.me/628111833375
wa.me/628119193411
wa.me/628111377787

TELEGRAM
t.me/taawundakwah
t.me/sofyanruray
t.me/kajian_assunnah
t.me/kitab_tauhid
t.me/videokitabtauhid
t.me/kaidahtauhid
t.me/akhlak_muslim

Medsos dan Website:
– youtube.com/c/kajiansofyanruray
– instagram.com/sofyanruray.info
– facebook.com/sofyanruray.info
– instagram.com/taawundakwah
– facebook.com/taawundakwah
– twitter.com/sofyanruray
– taawundakwah.com
– sofyanruray.info

#Yuk_share agar menjadi amalan yang terus mengalir insya Allah. Rasulullah shallallaahu’alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Barangsiapa menunjukkan satu kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengamalkannya.” [HR. Muslim dari Abu Mas’ud Al-Anshori radhiyallaahu’anhu]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini