Sholat-sholat Sunnah Sebelum dan Sesudah Sholat Wajib

0
4393

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ⁣⁣⁣

Sholat sunnah rawatib, yaitu sholat sunnah qobliyah (sebelum) dan ba’diyah (sesudah) sholat wajib terbagi menjadi dua:

1. Sholat sunnah rawatib muakkadah (yang ditekankan) ada 12 raka’at.

2. Sholat sunnah rawatib ghairu muakkadah (yang dianjurkan) juga ada 12 raka’at.

SHOLAT SUNNAH RAWATIB MUAKKADAH

Rasulullah ﷺ bersabda,

⁣⁣⁣مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّى لِلَّهِ كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيضَةٍ إِلاَّ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ⁣⁣⁣

“Tidaklah seorang muslim melakukan sholat sunnah karena Allah setiap hari sebanyak 12 raka’at yang bukan sholat wajib, kecuali Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” [HR. Muslim dari Ummu Habibah radhiyallahu’anha]⁣⁣⁣

Dalam riwayat lain,⁣⁣⁣

أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ⁣⁣⁣

“Empat raka’at sebelum zhuhur, dua raka’at setelah zhuhur, dua raka’at setelah maghrib, dua raka’at setelah isya, dan dua raka’at sebelum shubuh.” [HR. At-Tirmidzi dari Aisyah dan Ummu Habibah radhiyallahu’anhuma, Shahihul Jaami’: 6183]⁣⁣⁣

Dan yang paling utama dari seluruh sholat sunnah qobliyah (sebelum) dan ba’diyah (sesudah) sholat wajib adalah sholat sunnah fajar, yaitu qobliyah Shubuh.

Rasulullah ﷺ bersabda,

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

“Sholat sunnah dua raka’at sebelum Shubuh lebih baik daripada dunia dan isinya.” [HR. Muslim dari Aisyah radhiyallaahu’anha]

Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu’anha berkata,

لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم عَلَى شَيْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَشَدَّ تَعَاهُدًا مِنْهُ عَلَى رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ

“Tidak ada sholat sunnah yang paling dijaga Nabi shallallahu’alaihi wa sallam melebihi sholat dua raka’at sebelum Shubuh.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu’anha juga berkata,

أنَّ النبيَّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ كانَ لا يَدَعُ أرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ، ورَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الغَدَاةِ

“Bahwa Nabi shallallahu’alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkan empat raka’at sebelum Zhuhur dan dua raka’at sebelum Shubuh.” [HR. Al-Bukhari]

Berdasarkan hadits-hadits yang mulia di atas, maka sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah yang muakkadah ada 12 raka’at:
– 2 raka’at sebelum Shubuh.
– 4 raka’at sebelum Zhuhur (dikerjakan 2 raka’at salam, lalu 2 raka’at salam).
– 2 raka’at setelah Zhuhur
– 2 raka’at setelah Maghrib.
– 2 raka’at setelah Isya.

SHOLAT SUNNAH RAWATIB GHAIRU MUAKKADAH

Sholat sunnah rawatib ghairu muakkadah juga 12 raka’at:

– 2 raka’at tambahan setelah Zhuhur, sehingga menjadi 4 raka’at.

Rasulullah ﷺ bersabda,

مَنْ حَافَظَ عَلَى أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَأَرْبَعٍ بَعْدَهَا حَرَّمَهُ اللَّهُ عَلَى النَّارِ

“Barangsiapa menjaga empat raka’at sebelum Zhuhur dan empat raka’at setelahnya maka Allah mengharamkannya atas neraka.” [HR. At-Tirmidzi dan An-Nasaai dari Ummu Habibah radhiyallahu’anha, Shahih An-Nasaai: 1811]

– 4 raka’at sebelum Ashar (dikerjakan 2 raka’at salam, lalu 2 raka’at salam).

Rasulullah ﷺ bersabda,

رَحِمَ اللَّهُ امْرَأً صَلَّى قَبْلَ الْعَصْرِ أَرْبَعًا

“Semoga Allah merahmati seseorang yang sholat sunnah sebelum Ashar empat raka’at.” [HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma, Shahih Abi Daud: 1271]

– 2 raka’at sebelum Maghrib.

Rasulullah ﷺ bersabda,

صَلُّوا قَبْلَ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ – قَالَ فِي الثَّالِثَةِ – لِمَنْ شَا

“Sholatlah sebelum Maghrib – beliau bersabda pada yang ketiga – bagi siapa yang mau.” [HR. Al-Bukhari dari Abdullah bin Mughoffal Al-Muzani radhiyallahu’anhu]

Dalam riwayat Abu Dawud,

صَلُّوا قَبْلَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ

“Sholatlah sebelum Maghrib dua raka’at.” [Shahih Abi Daud: 1161]

– 2 raka’at sebelum Isya.

Tidak ada dalil khusus yang kami ketahui untuk sholat sunnah qobliyah Isya, namun terdapat dalil umum.

Rasulullah ﷺ bersabda,

بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلاَةٌ – قَالَهَا ثَلاَثًا قَالَ فِى الثَّالِثَةِ – لِمَنْ شَاءَ

“Diantara setiap azan dan iqomah terdapat sholat –beliau mengatakannya tiga kali, pada ketiganya beliau berkata- bagi siapa yang mau.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Mughoffal radhiyallahu’anhu]

Rasulullah ﷺ juga bersabda,

مَا مِنْ صَلَاةٍ مَفْرُوضَةٍ إِلَّا وَبَيْنَ يَدَيْهَا رَكْعَتَانِ

“Tidak ada satu sholat wajib pun, kecuali sebelumnya ada sholat sunnah 2 raka’at.” [HR. Ibnu Hibban dari Abdullah bin Az-Zubair radhiyallahu’anhuma, Ash-Shahihah: 232]

– 2 raka’at tambahan setelah Isya, sehingga menjadi 4 raka’at.

Sahabat yang Mulia Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma meriwayatkan,

فَصَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ العِشَاءَ ، ثُمَّ جَاءَ إِلَى مَنْزِلِهِ ، فَصَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ ، ثُمَّ نَامَ ، ثُمَّ قَامَ

“…Nabi shallallahu’alaihi wa sallam sholat Isya, kemudian kembali ke rumah beliau, lalu sholat Isya 4 raka’at, kemudian beliau tidur, kemudian bangun untuk sholat malam…” [HR. Al-Bukhari]

Kesimpulan: Semua sholat wajib memiliki sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah, kecuali Shubuh dan Ashar, tidak ada sholat sunnah ba’diyah.

ADAKAH SHOLAT SUNNAH RAWATIB QOBLIYAH JUM’AT?

Pendapat yang kuat insya Allah, tidak ada qobliyah Jum’at, namun ada sholat sunnah muthlaq, yang dikerjakan semampunya sebelum imam/khatib datang. Dan khatib disunnahkan datang pada waktunya dan langsung memulai khutbah.

Rasulullah ﷺ bersabda,

مَنِ اغْتَسَلَ ثُمَّ أتَى الجُمُعَةَ، فَصَلَّى ما قُدِّرَ له، ثُمَّ أنْصَتَ حتَّى يَفْرُغَ مِن خُطْبَتِهِ، ثُمَّ يُصَلِّي معهُ، غُفِرَ له ما بيْنَهُ وبيْنَ الجُمُعَةِ الأُخْرَى، وفَضْلُ ثَلاثَةِ أيَّامٍ

“Barangsiapa mandi kemudian mendatangi sholat Jum’at, lalu sholat sesuai yang dimampukan untuknya, kemudian ia diam sampai imam selesai khutbah, kemudian ia sholat bersama imam, maka akan diampuni dosanya antara Jum’at itu sampai Jum’at berikutnya, ditambah tiga hari.” [HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu]

Syaikhul Islam Ahmad bin Abdul Halim rahimahullah berkata,

جَمَاهِيرُ الْأَئِمَّةِ مُتَّفِقِينَ عَلَى أَنَّهُ لَيْسَ قَبْلَ الْجُمُعَةِ سُنَّةٌ مُؤَقَّتَةٌ بِوَقْتٍ، مُقَدَّرَةٌ بِعَدَدٍ، لِأَنَّ ذَلِكَ إنَّمَا يَثْبُتُ بِقَوْلِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -، أَوْ فِعْلِهِ

“Mayoritas ulama sepakat bahwa tidak ada sebelum Jum’at sholat sunnah yang ditetapkan waktunya serta ditentukan jumlah raka’atnya, karena penentuan itu harus ditetapkan dengan ucapan dan perbuatan Nabi shallallahu’alaihi wa sallam.” [Al-Fatawa Al-Kubro, 2/351]

Juga pendapat yang paling kuat insya Allah, sholat sunnah muthlaq sebelum Jum’at, boleh dilakukan di waktu terlarang, yaitu saat matahari tepat berada di tengah, sebelum mengarah ke arah Barat, karena dalam hadits yang mulia di atas dianjurkan sholat sampai imam/khatib datang.

Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berkata,

يوم الجُمُعة الصَّواب أنه ليس فيها وقتُ نهي عند الزوال؛ لأنَّ الرسول صلَّى اللهُ عليه وسلَّم شرَعَ للناس إذا دخلوا المسجد أن يصلُّوا ما قدَّر الله لهم

“Pendapat yang benar, hari Jum’at tidak ada waktu terlarang saat menjelang tergelincir matahari ke arah Barat, karena Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam mensyari’atkan untuk manusia apabila masuk masjid hendaklah melakukan sholat sebanyak yang Allah mampukan untuk mereka.” [Majmu’ Al-Fatawa, 10/436]

Dan ketika seseorang terlambat menghadiri khutbah Jum’at, maka sholat sunnah tahiyyatul masjid tetap dilakukan walau khatib sedang berkhutbah.

Sahabat yang Mulia Jabir bin Abdillah radhiyallahu’anhuma berkata,

جَاءَ سُلَيْكٌ الْغَطَفَانِيُّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ فَجَلَسَ، فَقَالَ لَهُ “يَا سُلَيْكُ قُمْ فَارْكَعْ رَكْعَتَيْنِ، وَتَجَوَّزْ فِيهِمَا” ثُمَّ قَالَ : “إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ وَلْيَتَجَوَّزْ فِيهِمَا”

“Sulaik Al-Ghothofani datang ke masjid pada hari Jum’at ketika Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam sedang berkhutbah, ia pun langsung duduk. Maka beliau bersabda kepadanya: Wahai Sulaik, berdirilah, lalu sholatlah dua raka’at dan ringankanlah sholatmu. Kemudian beliau bersabda: Jika seorang dari kalian datang ke masjid pada hari Jum’at dan imam sedang berkhutbah maka hendaklah ia melakukan sholat (tahiyyatul masjid) dua raka’at, dan hendaklah ia meringankan sholatnya.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim, dan lafaz milik Muslim]

ADAKAH SHOLAT SUNNAH RAWATIB BA’DIYAH JUM’AT?

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَ مِنْكُمْ مُصَلِّيًا بَعْدَ الْجُمُعَةِ فَلْيُصَلِّ أَرْبَعًا

“Barangsiapa diantara kalian mau melakukan sholat sunnah setelah Jum’at, hendaklah ia sholat empat raka’at.” [HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu]

Sahabat yang Mulia Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma meriwayatkan,

فَكَانَ لَا يُصَلِّي بَعْدَ الْجُمُعَةِ حَتَّى يَنْصَرِفَ، فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ

“Rasulullah shallallaahu’alaihi wa sallam pernah tidak sholat sunnah setelah Jum’at sampai beliau pergi, lalu beliau sholat dua raka’at di rumah beliau.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

Al-Imam An-Nawawi Asy-Syafi’i rahimahullah berkata,

فِي هَذِهِ الْأَحَادِيثِ اسْتِحْبَابُ سُنَّةِ الْجُمُعَةِ بَعْدَهَا وَالْحَثُّ عَلَيْهَا وَأَنَّ أَقَلَّهَا رَكْعَتَانِ وَأَكْمَلَهَا أَرْبَعٌ

“Dalam hadits-hadits ini terdapat anjuran sholat sunnah setelah Jum’at dan dorongan untuk melakukannya. Minimalnya dua raka’at, dan lebih sempurna empat raka’at.” [Syarh Muslim, 6/169]

SHOLAT SUNNAH YANG EMPAT RAKA’AT DIKERJAKAN DUA RAKA’AT, DUA RAKA’AT

Hendaklah sholat sunnah yang empat raka’at dikerjakan dua raka’at salam, lalu dua raka’at salam. Tidak sekaligus empat raka’at dengan satu salam.

Rasulullah ﷺ bersabda,

صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى

“Sholat sunnah malam itu dua raka’at, dua raka’at…” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma]

Rasulullah ﷺ juga bersabda,

صَلَاةُ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ مَثْنَى مَثْنَى

“Sholat sunnah malam dan siang itu dua raka’at, dua raka’at.” [HR. Abu Daud dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma, Shahih Abi Daud: 1172]

SHOLAT SUNNAH LEBIH AFDHAL DI RUMAH

Rasulullah ﷺ bersabda,

اجْعَلُوا مِنْ صَلاَتِكُمْ فِى بُيُوتِكُمْ وَلاَ تَتَّخِذُوهَا قُبُورًا

“Jadikanlah sebagian sholat kalian (yaitu sholat-sholat sunnah) di rumah-rumah kalian, dan janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan (yang tidak boleh dilakukan sholat padanya).” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma]

Al-Imam An-Nawawi Asy-Syafi’i rahimahullah berkata,

معناه: صلُّوا فيها، ولا تجعلوها كالقبور مهجورة من الصلاة، والمراد به: صلاة النافلة، أي: صلوا النوافل في بيوتكم

“Maknanya: Sholatlah di rumah, jangan jadikan rumah seperti kuburan yang tidak boleh dilakukan sholat padanya. Dan yang dianjurkan untuk dilakukan di rumah adalah sholat sunnah, yaitu: Kerjakan sholat-sholat sunnah di Rumah kalian.” [Syarh Muslim, 6/67]

Rasulullah ﷺ juga bersabda,

صلُّوا أيُّها الناسُ في بُيوتِكم؛ فإنَّ أفضلَ صلاةِ المرءِ في بيتِه إلَّا الصلاةَ المكتوبةَ

“Sholatlah wahai manusia di rumah-rumah kalian, karena sesungguhnya sebaik-baik sholat seseorang adalah di rumahnya, kecuali sholat wajib.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu’anhu]

Al-Hafizh Ibnu Hajar Asy-Syafi’i rahimahullah berkata,

ظاهره أنه يشمل جميع النوافل؛ لأن المراد بالمكتوبة: المفروضة، لكنه محمول على ما لا يشرع فيه التجميع، وكذا ما لا يخص المسجد كركعتى التحية، كذا قال بعض أئمتنا

“Zhahirnya hadits ini mencakup semua sholat sunnah, karena yang dimaksud sholat wajib adalah sholat fardhu. Akan tetapi dibawa kepada makna sholat sunnah yang tidak disyari’atkan berjama’ah, demikian pula yang tidak khusus dikerjakan di masjid seperti sholat tahiyyatul masjid 2 raka’at, demikianlah kata sebagian ulama kita.” [Fathul Bari, 2/215]

Dan hadits yang mulia di atas lafaznya umum, sehingga berlaku di kota Makkah dan Madinah, baik bagi mukim maupun musafir, lebih afdhal sholat sunnah di rumah atau tempat tinggal, daripada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Adapun bagi wanita, lebih afdhal sholat di rumah, baik sholat wajib maupun sunnah, juga berlaku umum, mencakup para wanita di Makkah dan Madinah, lebih afdhal sholat di rumah.

Rasulullah ﷺ bersabda,

لَا تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمْ الْمَسَاجِدَ، وَبُيُوتُهُنَّ خَيْرٌ لَهُنَّ

“Jangan kalian halangi kaum wanita kalian untuk ke masjid, dan mereka sholat rumah-rumah mereka lebih baik bagi mereka.” [HR. Abu Daud dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma, Shahih Abi Daud: 576]

SUNNAH MENINGGALKAN SHOLAT SUNNAH RAWATIB KETIKA SAFAR, KECUALI QOBLIYAH SHUBUH

Ketika safar, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tidak mengerjakan sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah, kecuali qobliyah Shubuh.

Al-Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata,

وكان من هديه في سفره الاقتصار على الفرض ولم يحفظ عنه أنه صلى سنة الصلاة قبلها ولا بعدها إلا ما كان من الوتر وسنة الفجر فإنه لم يكن ليدعهما حضرا ولا سفرا

“Dan termasuk petunjuk Nabi shallallahu’alaihi wa sallam dalam safar (perjalanan jauh) hanya melakukan sholat wajib. Dan tidak diriwayatkan beliau sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah kecuali sholat witir dan qobliyah Shubuh, sesungguhnya beliau tidak pernah meninggalkan dua sholat sunnah ini saat mukim maupun safar.” [Zaadul Ma’ad, 1/473]

Simak Video “Sholat-sholat Sunnah Sebelum dan Sesudah Sholat Wajib” https://youtu.be/hQsGd7UBcC8

Yuk Pelajari Lebih Dalam Buku-buku Fikih Sunnah: https://toko.sofyanruray.info/category/buku/hukum-dan-fikih/

Fast Order: wa.me/628118247111

═══ ❁✿❁ ═══

Gabung Group WA KAJIAN ISLAM
Ketik: Daftar
Kirim ke Salah Satu Admin:
wa.me/628111833375
wa.me/628119193411
wa.me/628111377787

TELEGRAM
t.me/taawundakwah
t.me/sofyanruray
t.me/kajian_assunnah
t.me/kitab_tauhid
t.me/videokitabtauhid
t.me/kaidahtauhid
t.me/akhlak_muslim

Medsos dan Website:
– youtube.com/c/kajiansofyanruray
– instagram.com/sofyanruray.info
– facebook.com/sofyanruray.info
– instagram.com/taawundakwah
– facebook.com/taawundakwah
– twitter.com/sofyanruray
– taawundakwah.com
– sofyanruray.info

#Yuk_share agar menjadi amalan yang terus mengalir insya Allah. Rasulullah shallallaahu’alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Barangsiapa menunjukkan satu kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengamalkannya.” [HR. Muslim dari Abu Mas’ud Al-Anshori radhiyallaahu’anhu]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini